Mazwimen, Best Choice 4 Better Future

Senin, 16 Januari 2012

Pentingnya Kehidupan Demokratis dalam Bermasyarakat Berbangsa dan Bernegara

1 komentar
Manusia adalah makhluk sosial yang selalu bersama dengan orang lain untuk mencapai tujuannya. Kebersamaan inilah yang melahirkan kepercayaan kepada pihak lain.

Dalam sistem demokrasi, setiap warga negara mempercayakan kepentingannya kepada wakil-wakil yang telah dipilihnya melalui pemilihan umum. Itulah demokrasi dalam kehidupan bernbangsa dan bernegara.

Demokrasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia dilaksanakan atas dasar nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945. Sila keempat Pancasila merupakan nilai dasar demokrasi di Indonesia.

Nilai-nilai demokrasi tidak saja dapat diterapkan dalam kehidupan politik, tetapi juga dalam kehidupan bermasyarakat di bidang sosial kemasyarakatan, ekonomi, dan budaya.

Dalam bidang ekonomi, jika nilai demokrasi diterapkan maka akan terwujud demokrasi ekonomi. Kehidupan ekonomi yang dijalankan atas dasar nilai-nilai demokrasi akan dapat menciptakan kesejahteraan bersama.

Dalam kehidupan sosial kemasyarakatan yang didasarkan pada nilai-nilai demokrasi akan tercipta ketenteraman bersama karena setiap orang saling menghormati, meskipun berbeda-beda.

Dalam kehidupan budaya, jika nilai-nilai demokrasi diterapkan maka akan lahir kebudayaan demokrasi yang kreatif karena demokrasi menjunjung tinggi kebebasan berkreasi setiap orang. Setiap orang akan berkreasi sesuai potensinya tanpa merasa tertekan dan terpaksa.

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa demokrasi memiliki arti yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat, yaitu:

1. terciptanya hubungan yang harmonis antara warga negara dan pemerintah;
2. tercipta ketertiban dan ketenteraman bersama;
3. berkembangnya kreatifitas untuk menciptakan kebudayaan.

Sikap Positif terhadap Pelaksanaan Demokrasi dalam Berbagai Kehidupan

One Response so far

Leave a Reply