Ads Right Header

Buy template blogger

Pengertian Masyarakat dan Norma

Manusia adalah makhluk Tuhan yang paling sempurna. Manusia diciptakan oleh Tuhan dengan kodratnya sebagai makhluk individu dan sosial. Sebagai makhluk individu, setiap manusia mempunyai kepentingan yang bersifat pribadi dan berbeda dengan manusia lain. Sedangkan sebagai makhluk sosial, manusia tidak dapat hidup sendiri, tetapi selalu bergaul dan bekerja sama dengan manusia lain.

Individu-individu yang hidup bersama di suatu tempat akan membentuk masyarakat. Masyarakat adalah sejumlah manusia yang hidup bersama dan terikat oleh kebudayaan yang sama. Di dalam masyarakat, setiap individu berhubungan satu sama lain untuk memenuhi kebutuhannya.

Akan tetapi, kadang-kadang sifat individual manusia sering mengganggu kebersamaan di dalam masyarakat. Akibatnya, terjadilah berbagai perbuatan yang mengganggu kepentingan individu yang lain, misalnya mencuri, berkelahi, dan sebagainya. Untuk mengatasi berbagai tindakan yang merugikan orang lain maka dibuatlah norma atau aturan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, norma mempunyai dua arti, yaitu:
a. aturan atau ketentuan yang mengikat warga kelompok dalam masyarakat dipakai sebagai panduan, tatanan, dan pengendali tingkah laku yang sesuai dan diterima;
b. aturan, ukuran, atau kaidah yang dipakai sebagai tolak ukur untuk menilai atau memperbandingkan sesuatu

Setiap orang menginginkan hidup aman dan tenteram. Untuk itu, lahirlah norma atau aturan yang mengatur hidup manusia agar dapat tertib, aman, dan tenteram.

Previous article
Next article

Belum ada Komentar

Posting Komentar

Ads Post 1

Ads Post 2

Ads Post 3

Ads Post 4